Benarkah Jalan-jalan Kecil Setelah Makan Dapat Mengurangi Diabetes?

Benarkah Jalan-jalan Kecil Setelah Makan Dapat Mengurangi Diabetes?

Jalan-jalan kecil setelah makan ternyata dapat menurunkan glukosa darah bagi para pengidap diabetes, sesuai penelitian dalam The Journal Diabetologia.

Seperti kita tahu, makan adalah sumber terbesar seseorang memperoleh karbohidrat yang mengandung glukosa.

Dengan berjalan-jalan kecil seseroang dapat mengurangi gula darah mereka.

Pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa peserta yang melakukan jalan-jalan kecil setelah makan dapat menurunkan kadar gulanya lebih banyak.

Dilansir blodsky.com, mereka dapat menurunkan gula darah 22 persen lebih rendah ketimbang yang melakukan jalan-jalan sepanjang hari.

“Sebagian besar dari efek ini berasal dari 22 persen pengurangan gula darah lantaran berjalan setelah mengkonsumsi makan siang.”kata pemimpin penulis Andrew Reynolds dari University of Otago di Selandia Baru.

Glukosa yang berasal dari makanan adalah target dari pengelolaan diabetes tipe 2.

Aktivitas ini berkaitan juga dengan kontribusi terhadap kontrol gula darah secara keseluruhan dan risiko kardiovaskular, tambah Jim Mann, profesor di University of Otago.

“Aktivitas fisik postprandial dapat menghindari kebutuhan penambahan penyuntikan insulin yang dibutuhkan para penderita diabetes tipe 2,” kata Mann.

Peningkatan dosis insulin dapat berkaitan dengan berat badan pasien diabetes tipe 2 yang pada umumnya sudah berlebihan berat badan sebelumnya.

Dalam studi ini, para peneliti menyarankan untuk 41 pasien penderita diabetes tipe 2 untuk berjalan-jalan kecil dua minggu sekali.