Cara Membangun Kedekatan Dengan Anak

Cara Membangun Kedekatan Dengan Anak

Keluarga yang harmonis menjadi impian setiap orang yang berumah tangga. Kebahagiaan kian sempurna ketika hadir buah hati di tengah – tengah keluarga. Keinginan untuk menjaga dan merawatnya dengan penuh kasih menjadi prioritas utama. Namun kadang ada saja alasan yang membuat orang tua sering melakukan kegiatan di luar rumah. Ya, tidak dipungkiri memang, banyak dari para orang tua yang terpaksa atau sukarela mengorbankan kebersamaan bersama anak karena tanggungjawab pekerjaan.

Untuk itulah diperlukannya kesadaran dari orang tua akan betapa pentingnya kebersamaan bersama keluarga, terutama anak. Sebab ketika orang tua dekat dengan anak, maka akan memperoleh banyak manfaat positif. Nah bagi anda yang masih bingung tentang hal ini, berikut akan kami paparkan mengenai cara membangun kedekatan dengan anak agar bisa merasakan manfaatnya.

Saat bersama anak, hadirlah secara utuh

Yang dimaksud utuh disini adalah, hadirlah secara fisik dan pikiran serta hati. Sebab tak jarang ada orang tua yang terlampau sibuk sehingga cukup memantau anak melalui telfon. Oleh karena itu, berusahalah untuk meluangkan waktu lebih lama bersama anak. Namun pastikan jika anda mampu menemani anak bermain, menyuapi makan, hingga memandikan. Nikmatilah kebersamaan yang lahir dari hal – hal sederhana seperti ini, jika dilakukan dengan hati, maka kedekatan akan mudah terbangun.

Berikan belaian dan pelukan

Sering – seringlah memberikan belaian dan pelukan kasih sayang untuk anak. Anak yang kesehariannya sering mendapatkan pelukan dan belaian dari orang tua akan tumbuh menjadi anak yang penuh kasih sayang dan peka terhadap sesama.

Menurut ahli, memberikan pelukan minimal 8 kali sehari dapat memperkuat energi anak dalam mengembangkan potensinya.

Luangkan waktu minum teh bersama

Jika kini dalam kesehariannya anak lebih sering bersama anda (ibu), maka buatlah tea time dimana anda sekeluarga bisa berkumpul dan bercengkerama bersama. Selain menambah kehangatan bersama keluarga, dalam momen seperti ini, anda bisa menceritakan tingkah – tingkah lucu maupun perkembangan anak kepada anggota keluarga yang lain, terutama suami. Dengan demikian sang ayah pun juga bisa dekat dengan anak, karena meluangkan waktu khusus untuk menghabiskan waktu bersama.

Tak hanya itu saja, kebersamaan akan semakin bermanfaat karena sebenarnya manfaat minum teh itu juga banyak. Sehingga anda akan mendapatkan manfaat dua kali lipat. Bisa dekat dengan keluarga, dan juga semakin sehat dengan minum teh.

Berikan pujian yang proporsional

Pujian merupakan motivasi eksternal bagi anak. Namun dalam hal ini anda harus memberikan pujian secara proporsional, jangan berlebihan agar si anak memiliki greget untuk kembali mengulangi perilaku positifnya.

Misalnya, anak bilang jika ingin buang air kecil. Berikanlah apresiasi seperti, “Wah anak Ibu pintar, sudah bisa bilang kalau ingin pipis, jadi ga ngompol lagi. Besok – besok begini terus ya sayang”.
Demikian tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun kedekatan bersama anak. Cukup sederhana memang, tapi akan terasa berat jika dilakukan dengan terpaksa. Oleh karena itu bukalah pandangan anda bahwa masa kecil anak tidak akan terulang lagi, sehingga anda akan sadar bahwa kebersamaan dengan anak adalah hal yang sudah seharusnya diprioritaskan.