Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Bagi pasangan suami istri yang sudah berumah tangga, kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Apalagi untuk yang sudah lama dalam membina rumah tangga, berita baik tersebut tentunya akan sangat membahagiakan. Bagi ibu hamil penting untuk mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu, selain itu ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan contohnya makanan yang dikonsumsi selama hamil.

Hamil pada trimester pertama merupakan hamil yang rentan terhadap keguguran. Menurut penelitian, keguguran pada trimester pertama terjadi karena pengaruh dari faktor makanan yang dikonsumsi. Maka dari itu, penting untuk Anda menjaga pola makan dan makanan apa saja yang Anda konsumsi ketika hamil.

Nah, untuk Anda yang sedang hamil pada trimester pertama berikut adalah informasi mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika kehamilan pada trimester pertama.

Sayur-sayuran

Seperti yang kita ketahui, sayuran memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Untuk ibu yang sedang hamil pada trimester pertama, biasanya akan mengalami gejala mual dan muntah yang biasa disebut dengan morning sickness. Gejala tersebut ternyata bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi bergam jenis sayur-sayuran hijau.

Ketika hamil trimester pertama, biasanya juga akan mengalami anemia. Hal ini pun juga bisa dicegah dengan kandungan zat besi pada sayuran yang akan membantu produksi hemoglobin. Sayuran hijau mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya yaitu asam folat.

Asam folat berfungsi dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin ketika berada dalam kandungan. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah kecacatan pada janin.

Buah-buahan

Untuk ibu hamil berusia 1 bulan, beraneka jenis buah-buahan sangatlah cocok untuk dikonsumsi. Selama kehamilan, sang ibu bisa memilih buah yang segar daripada yang kalengan. Hal ini dikarenakan buah kalengan memiliki kandungan pengawet dan juga mengandung garam yang lebih tinggi.

Kedua bahan tersebut tentunya akan merugikan bagi kesehatan, khususnya untuk ibu yang sedang hamil. Resiko yang bisa terjadi yaitu hipertensi yang kadang muncul selama kehamilan bisa dikurangi dengan membatasi asupan garam.

Produk olahan susu

Selain sayur-sayuran dan buah-buahan, makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil pada trimester pertama adalah makanan yang terbuat dari olahan susu. Pertumbuhan sel untuk janin tentunya membutuhkan protein, maka dari itu sang ibu sangat membutuhkan asupan protein. Salah satu mendapatkannya yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan olahan dari susu.

Demikian beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama. Semoga bisa membantu Anda yang sedang hamil untuk tetap menjaga kesehatan janin.