Permasalahan Kulit Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Permasalahan Kulit Pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Memiliki bayi yang selalu sehat adalah harapan setiap orang tua. Segala upaya dilakukan demi menjaga buah hati agar senantiasa sehat. Namun kadang kenyataan tak sesuai dengan apa yang diharapkan. Misalnya saja, buah hati mendadak sakit. Baik itu sakit panas maupun biang keringat.

Ya, biang keringat menjadi salah satu masalah kulit yang seringkali menyerang anak – anak. Biang keringat itu sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis permasalahan kulit yang perlu diwaspadai oleh para orangtua. Lalu apa saja masalah kulit yang perlu diwaspadai? Berikut ulasannya.

Biang keringat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa biang keringat termasuk masalah kulit yang sering menyerang anak. Karena saking seringnya menyerang anak – anak, maka banyak dari orangtua yang meremehkannya. Padahal jika didiamkan, maka akan membuat kulit semakin bermasalah.

Biang keringat yang ditandai dengan munculnya bintik – bintik merah pada kulit dan menimbulkan rasa gatal pada kulit harus segera diobati. Ketika anda menyadari bahwa muncul bintik – bintik merah pada kulit buah hati anda, sebaiknya anda segera memberi obat biang keringat pada anak. Dengan begitu resiko bertambah parahnya biang keringat bisa diminimalisir bahkan bisa disembuhkan sedini mungkin.

Dermatitis pada bayi

Dermatitis yang menyerang kulit bayi ini belum diketahui pasti apa penyebabnya. Jika dermatitis menyerang kulit anak, maka dapat menimbulkan rasa gatal yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Meski belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun dalam banyak kasus dermatitis ini terjadi karena bakteri, fungus, bahan kimia dan juga adanya protein yang akhirnya menyebabkan alergi.

Eksim pada bayi

Masalah kulit yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah eksim. Eksim ini terjadi karena alergi terhadap adanya jamur di kulit. Namun eksim ini bisa juga dikarenakan faktor keturunan. Gejala yang muncul ketika anak terserang eksim adalah munculnya ruam –ruam merah pada siku bagian dalam, belakang lutut dan pipi.

Sebagai tambahan, eksim pada bayi ini bisa juga dikarenakan kesalahan dalam membeli kosmetik bayi; sabun mandi, parfum bayi hingga pakaian bayi.

Demikian tadi beberapa masalah kulit yang sering menyerang anak. Untuk mencegah timbulnya masalah – masalah kulit seperti di atas, pastikan anda menjaga kebersihan hingga suhu lingkungan tempat tinggal anda. Selain itu, cermatlah dalam membeli produk bayi, seperti pakaian misalnya, jangan memilih pakaian dengan bahan yang kasar mengingat kulit bayi masihlah sangat sensitif.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!