Tahapan-Tahapan Janin di Trimester Pertama Masa Kehamilan

Tahapan-Tahapan Janin di Trimester Pertama Masa Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu wanita yang sudah berumah tangga. Seorang ibu hamil haruslah mengetahui bagaimana perkembangan janin yang di kandungnya, mulai dari tahapan janin di trimester pertama hingga tahapan janin akan lahir. Selain itu ibu hamil juga perlu untuk menjaga pola makannya.

Nah, untuk ibu yang sedang hamil tapi belum mengetahui bagaimana tahapan perkembangan janin di saat kehamilan. Berikut kami berikan informasi mengenai tahapan janin khususnya pada trimester pertama (minggu ke-5 hingga minggu ke-13).

Perkembangan Janin Minggu ke 5

Pada minggu ini, zigot yang sudah berubah menjadi embrio memiliki ukuran sebsar biji apel. Cairan amnion (ketuban) akan mengumpul dan pada minggu selanjutnya akan melindungi embrio dari bahaya yang bisa terjadi di dalam rahim. Pada minggu ke 5 ini pun lempeng saraf (neural plate) juga mulai terbentuk.

Lempengan saraf tersebut adalah cikal bakal dari otak besar, selain itu pada masa ini juga akan terbentuk bagian tubuh lain seperti tulang, saraf-saraf, sumsum belakang, kuku, dan lain-lain.

Perkembangan Janin Minggu ke 6

Memasuki masa ini, tubuh embrio semakin berkembang dan menyerupai berudu. Mulai terbentuk organ tubuh lain seperti hati, ginjal, jantung dan juga usus. Usus terbentuk epat pada bagian tali pusar yang menghubungkan dengan sang Ibu.

Perkembangan Janin Minggu ke 7

Pada minggu ke 7, jantung dari embrio berkembang dan membentuk bilik kanan dan kiri serta sudah mulai berdetak. Detakannya sudah mencapai 110-150/menit. Embrio juga sudah memiliki lengan yang mulai menekuk dan membentuk siku, untuk bagian tangan mulai terpisah satu sama lain.

Perkebambangan Janin Minggu ke 8

Pada minggu ke 8, embrio memiliki jantung dan otak yang mulai memunculkan komponen-komponen yang lebih mendetail. Bahkan jantungnya juga sudah mulai memompa darah secara teratur.

Perkembangan Janin Minggu ke 9

Embrio pada masa ini sudah berbentuk jelas seperti bayi. Wajahnya sudah terbentuk dan kedua tangannya mulai bisa meringkuk, menekuk di atas dada. Janin mulai aktif, tangannya pun sudah tidak memiliki selaput.

Perkembangan Janin Minggu ke 10

Embrio sudah siap untuk berkembang pada bulan-bulan berikutnya, karena pada masa ini ia sudah memiliki seluruh bagian tubuhnya walaupun belum sempurna. Plasentanya juga sudah berfungsi walaupun hanya bisa memproduksi hormon.

Perkembangan Janin Minggu ke 11

Ukuran janin akan menjadi lebih besar kira-kira dua kali lipat daripada minggu-minggu sebelumnya. Organ yang dimiliki juga semakin kompleks. Misalnya rambut dan kuku tangan sudah mulai muncul.

Perkembangan Janin Minggu ke 12

Pada minggu sebelumnya kaki janin masih berselaput dan terlihat samar, tetapi pada masa ini sudah mulai terlihat jelas. Selain itu dahi janin juga terus menonjol karena terjadi perkembangan otak yang pesat.

Perkembangan Janin Minggu ke 13

Pada akhir trimester pertama ini, janin memiliki refleks yang besar dan ia mulai dapat merasakan sentuhan. Selain refleks, organ-organ lain juga mengalami pematangan sehingga siap untuk berkembang dengan baik pada trimester selanjutnya.

Demikian informasi mengenai tahapan janin untuk trimester pertama. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda ibu hamil ataupun wanita pada umumnya yang tentunya sangat membutuhkan informasi ini sebagai bekal dalam menjalani kodratnya sebagai wanita.