Terkuaknya Terowongan Bawah Tanah Rahasia ISIS

Terkuaknya Terowongan Bawah Tanah Rahasia ISIS

Berita ISIS terkini Sindonews menyatakan bahwa militer Amerika Serikat kini telah berhasil menguasai beberapa desa yang berada di pinggir Raqqa, Suriah. Desa yang sebelumnya telah diduduki oleh pasukkan Arab dan Kurdi ini telah menjadi daerah pertempuran antara kekuatan militer pasukkan Amerika Serikat dengan ISIS.

Islamic State of Iraq and Syria atau ISIS yang terkenal sebagai salah satu gerakan separatis di kawasan timur tengah tersebut memang dikenal dengan kebrutalan dan kekejamannya. Organisasi ISIS juga telah berhasil menguasai sebagian wilayah Iraq dan juga Syria. Karena kebrutalan dan kekejamannya iniah, ISIS telah banyak merugikan banyak pihak tak terkecuali para pasukan militer AS yang semakin dipersulit.

Militer Amerika Serikat sebelumnya telah mengantisipasi bahwa pertempuran melawan gerakan separatis Islam di Suriah tersebut akan dipersulit karena adanya beberapa kendala. Pasukan AS masih sulit merebut wilayah bawah tanah yang kabarnya sengaja dibuat. Kawasan bawah tanah tersebuh dikabarkan masih dikuasai oleh kelompok ISIS untuk dijadikan sebagai salah satu banteng pertahanan mereka.

Dari beberapa pertempuran antara pasukan militer AS dengan ISIS yang selama ini terjadi, pertempuran yang tujuan utamanya menyingkirkan ISIS dari ibu kota tersebut cukup sulit. Pasalnya, di beberapa lokasi lain, kelompok militant tersebut memang dikenal memiliki jaringan terowongan rahasia. Terowongan-terowongan rahasia tersebut sering digunakan untuk tempat persembunyian, penyimpanan barang juga sarang yang nyaman untuk meluncurkan serangan-serangan dari dalam tanah.

Berita ISIS terkini Sindonews sebelumnya juga menyebutkan telah ditemukan terowongan bawah tanah sepanjang 402 di Mosul, dimana terowongan tersebut telah digunakan oleh ISIS untuk melawan pasukkan luar sekaligus memposisikan pasukan militant dari balik garis depan. Terowongan sedalam 10 meter itu digunakan sebagai tempat menampung senjata-senjata sekaligus jalur pelarian.

Tidak hanya di Mosul saja, pada tahun lalu pasukkan AS juga telah menemukan terowongan bawah tanah ratusan meter panjangnya di desa Mahana (selatan Mosul). Dari beberapa kasus terowongan rahasian yang ditemukan, pasukkan Peshmerga juga telah berhasil merebut desa Small Bafana pada Oktober dan menemukan jaringan terowongan baru yang berfungsi sebagai tempat untuk menyembunyikan kelompok penembak jitu ISIS.

Terbongkarnya terowongan rahasia ISIS oleh pasukkan AS terjadi saat AS memborbardir kelompok ISIS dan seketika meruntuhkan rumah-rumah. Rumah-rumah tersebut berada tepat di atas labirin terowongan rahasia dan letakknya 3 meter di atas permukaan. Terdapat juga sebuah rumah di atas terowongan yang penuh oleh gundukan tanah yang diduga dilakukan oleh ISIS untuk mengecok pasukan AS dari atas udara.

Agar terowongan baru yang ditemukan pasukan AS tidak runtuh, mereka membuat penyangga dari tongkat. Setelah ditelusuri dari dalam, tentara AS juga menemukan sejumlah makanan, amunisi, obat-obatan, buku dan juga alat untuk merakit bom. Di dalam terowongan juga ditemukan pasokan listrik untuk penerangan, dan kasur beserta perlengkapan tidur lainnya.  Terowongan juga memiliki beberapa jalan untuk keluar sekaligus jalan yang aman menuju ke kota.

Diatas reruntuhan dan puing bangunan yang berserakan, seorang anggota pasukkan Pashmerga tengah mengamati sebuah lubang yang disinyalir menjadi pintu masuk terowongan rahasia. Tidak hanya terowongan saja yang berhasil ditemukan, sebuah kuburan massal yang berisi jasad para korban kekejaman ISIS juga ditemukan oleh militer Irak.

Karena penemuan terowongan rahasia yang tak disengaja tersebut, menandakan bahwa ISIS masih memiliki banyak jaringan terowongan  lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu bukti nyata bahwa gerakan separatis ini tidak boleh dianggap remeh.