Tips Rumah Tangga: Wujudkan Rumah Tangga yang Harmonis

Tips Rumah Tangga: Wujudkan Rumah Tangga yang Harmonis

Setiap orang mendambakan kebahagiaan dalam hidupnya. Apalagi yang sudah berumah tangga. Pernikahan impian yang terlaksana menjadi langkah awal perjalanan mahligai rumah tangga yang sesungguhnya. Pernikahan yang sakinah, mawadah dan rahmah serta penuh berkah menjadi tujuan utamanya.

Menjalani kehidupan rumah tangga bukanlah perkara yang sepenuhnya mudah. Ada senyum dan tangis di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukanlah ilmu di antara kedua pasangan suami istri agar dapat bekerja sama dalam membangun rumah tangga yang harmonis dan penuh kebahagiaan.

Nah, bagi anda yang tengah merencanakan pernikahan atau yang sudah menikah, yuk upgrade kembali wawasan anda mengenai tips rumah tangga agar keluarga anda senantiasa harmonis.

Saling Menghormati

Bukankah istri yang harus lebih menghormati suami? Iya benar, tapi suami juga wajib memuliakan wanita bukan? Jadi jika anda adalah seorang suami, maka jangan gengsi untuk menghormati istri anda ya.

Dalam hal berumah tangga, sudah seyogyanya saling menghormati, baik itu suami ke istri atau istri ke suami. Untuk memiliki keluarga yang bahagia, harus ada kerja sama yang baik antara suami dan istri, dan untuk mewujudkannya bisa dimulai dengan cara saling menghormati satu sama lain.

Bertutur Kata yang Baik

Poin ini merupakan pelengkap dari poin sebelumnya, yakni seseorang dikatakan menghormati jika ketika berbicara menggunakan bahasa yang santun. Meskipun berbicara pada suami atau istri, bukan berarti boleh seenaknya ya. Suami atau istri adalah manusia yang sama – sama memiliki hati yang harus dijaga, jadi jaga perasaan hati suami atau istri dengan berkata yang santun lagi baik agar hati keduanya selalu tenang dan tentram.

Menikmati Kebersamaan dengan Hati yang Kaya

Tips rumah tangga selanjutnya adalah dengan senantiasa menikmati kebersamaan dengan hati yang kaya. Hal ini sangat dianjurkan bagi pasangan suami istri mengingat banyak sekali masalah yang muncul dalam keluarga yang akar masalahnya adalah finansial. Jadi, berusahalah untuk selalu menanamkan sifat Qana’ah atau merasa cukup di setiap kesempatan.

Ketika sifat Qana’ah tertanam dalam hati, In Syaa Allah hati akan selalu tenang karena diri meyakini bahwa rezeki adalah karunia Allah yang wajib disyukuri berapapun jumlahnya.

Jadilah Sahabat Ketika Sedang Menghadapi Masalah

Maksud dari poin ini adalah ciptakan pola komunikasi yang baik antara suami istri. Ketika ada suatu masalah atau apapun, sebaiknya dibicarakan bersama, dan mencari solusinya bersama – sama. Singkirkanlah ego dan ikhlaslah menjadi pendengar yang baik jika pasangan sedang gundah karena masalah yang dihadapinya, sehingga beban pasangan akan berkurang jika ada anda yang setia mendampinginya dalam kondisi apapun.

Demikian tadi beberapa tips – tips rumah tangga yang bisa anda terapkan dalam kehidupan rumah tangga. Dan satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah jadilah pasangan suami istri tak pernah lelah berdo’alah kepada Allah agar rumah tangga yang dibina selalu diberkahi-Nya.