Hal yang Harus Diperhatikan Agar Menjadi Keluarga yang Sakinah

advertisement

Memiliki keluarga yang bahagia adalah impian setiap orang. Hal tersebut bisa diwujudkan jika seorang suami dan istri dapat bekerja sama dengan baik. Bekerja sama dalam segala hal, misalnya dalam hal mendidik anak, mengurus keperluan rumah tangga, hingga mencari nafkah. Menjadi keluarga yang bahagia bukan perkara yang susah.

Untuk itu, bagi seorang suami dan istri, baiknya memahami fungsi keluarga yang ada agar dapat memaksimalkan peran sebagai suami atau istri sekaligus orang tua. Kesuksesan seorang anak juga terdapat dalam peran orang tua dalam mendidiknya.

Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan agar keluarga bisa lebih bahagia. Berikut kami berikan informasinya mengenai hal-hal yang harus diperhatikan suami dan juga istri agar keluarga bisa lebih bahagia.

Orientasi

Dalam membangun sebuah keluarga, tentunya dibutuhkan yang namanya orientasi. Sebagian orang ada yang memiliki orientasi duniawi berupa kesenangan, kekayaan, kekuasaan, keturunan hingga kecantikan atau ketampanan. Tetapi ada juga sebagian yang memiliki orientasi ukhrawi. Pada orientasi pertama, tidak akan mendapat apapun di akhirat.

Jika yang kedua, maka akan merengkuh kebahagiaan yang ada di dunia dan juga akhirat. Selain itu, keluarga dengan orientasi ukhrawi adalah keluarga yang terdiri dari pribadi-pribadi yang tidak bertujuan selain kepada surga dan Ridha Allah SWT.

Cinta

Untuk menjadi keluarga yang lebih bahagia, setiap pasangan suami-istri harus berusaha untuk menjaga perasaan cinta yang ada dalam diri dan keluarganya. Selain itu juga harus bisa menjaga ikatan cinta di antara mereka dan juga mengetahui hal apa saja yang bisa membuat perasaan cinta lebih kuat.

Nafkah

Nafkah, walaupun bukanlah hal yang penting, namun menjadi hal yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Keuangan yang kurang baik dalam keluarga, juga dapat menjadi penyebab perceraian. Mengapa demikian? Karena keluarga tidak akan bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya nafkah. Nafkah adalah poin penting dalam menggerakkan roda ekonomi. Maka dari itu, untuk suami dan istri bisa saling bekerja sama dalam mencari nafkah. Walaupun memberi nafkah memang kewajiban bagi suami, tetapi istri juga tetap bisa membantunya.

Demikian beberapa hal yang patut untuk diperhatikan agar menjadikan keluarga bisa lebih bahagia. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sudah berkeluarga atau yang bercita-cita memiliki keluarga yang bahagia. Semoga bermanfaat bagi Anda.

advertisement