Segera Obati Ruam Popok Yang Dialami Bayi Anda – Kenyamanan Bayi Adalah Kebahagiaan Bunda

advertisement

Kulit bayi memang sangat sensitif, oleh karena itu bayi akan sering emngalami masalah kulit. Seperti merah-merah pada kulit bayi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi. Karena mereka masih bayi, sehingga mereka hanya bisa menangis saja. Salah satu gangguan kulit bayi adalah kemerah-merahan pada paha, bokong, dan alat kelaminnya. Ini disebut dengan ruam popok. Segera carikan obat ruam popok agar bayi nyaman.

Ruam popok sudah jelas disebabkan oleh pemakaian popok bayi yang salah. Yakni terlalu lama memakaikan popok bayi yang sudah basah atau kotor, kemudian bisa juga karena popok yang dipakaikan ke bayi terlalu ketat. Jika ruam popok ini dibiarkan maka akan menyebabkan infeksi dan bayi akan sering menangis. Ini dikarenakan mereka merasa tidak nyaman dan hanya bisa menangis untuk segera ditolong oleh bundanya. Melihat kondisi ini, bunda harus segera mencarikan obat ruam popok yang ampuh.

Pada usia berapa bayi rentan mengalami ruam popok?

Ruam popok biasanya dialami oleh bayi yang berudia 9 bulan sampai dengan 12 bulan atau 1 tahun. Sehingga bunda harus waspada dengan gangguan kulit ini. Selain itu, bunda juga harus memperhatikan penggunaan popok bayi.

Apakah ruam popok harus diatasi dengan obat kimia?

Obat ruam popok tidak harus obat kimia. Kita bisa mengobatinya denga selalu menjaga kebersihan area yang terkena ruam popok. Pastikan bahwa popok yang dipilih sudah cocok dengan kulit bayi. Selain itu, cara lain untuk mengobati ruam popok adalah sering membersihkan area ruam popok dengan air.

Bukan hanya itu, bebaskan bayi dari pemakaian popok untuk beberapa saat, sehingga kulitnya akan sedikit memiliki kesempatan untuk bernapas lega. Kemudian selalu bersihkan popok sebelum dipakaikan pada bayi. Selalu kenakan popok dengan ukuran di atas ukuran pas yang seharusnya dipakai.

Jika obat ruam popok yang akan bunda pakai adalah obat ruam popok yang kimia, maka jangan sampai tidak konsultasi dengan dokter. Karena kembali lagi pada kulit bayi yang sangat sensitif sehingga pemakaian obat-obatan kimia harus di bawah pengawasan dokter.

Biasanya untuk obat ruam popok yang dipakai adalah dalam bentuk salep. Salep yang dipakai ini sudah bebas dari kandungan bahan kimia yang akan membahayakan kulit bayi. Yakni, bebas kandungan bahan kimia Zinc Oxide.

Saran

Untuk menghindari ruam popok, sebaiknya bunda berhati-hati dalam memakaikan popok pada bayi. Memang popok sangat praktis daripada popok dari kain. Namun kalau bisa, lebih dikurangi pemakaiannya. Karena memakai popok kain tradisional lebih baik. Jika memang sudah terlanjur terkenal ruam popok, segera tolong bayi bunda dengan mencarikan obat ruam popok yang manjur. Sangat disarankan untuk memakai cara pengobatan yang alami.

advertisement