Susu Pertumbuhan Anak 4 Tahun

advertisement

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak. Anak belum mampu mengungkapkan apa yang mereka inginkan, jadi ini merupakan PR bagi orang tua untuk selalu mengerti dan memahami keinginan anak. Jadi orang tua lah yang harus bisa membaca sikap dan perilaku yang ditunjukkan si kecil. Apalagi saat anak sudah memasuki usia 4 tahun, dimana pada usia ini anak akan lebih energik dan tidak mau diam. Sehingga untuk memastikan kesehatan si kecil, sebaiknya Anda memberikan susu pertumbuhan anak 4 tahun.

Momen-momen pertumbuhan dan perkembangan si kecil selalu menarik untuk diikuti. Apalagi saat anak tengah berada pada periode golden age, dimana pada periode ini anak akan lebih mudah menangkap apa-apa yang Anda sampaikan. Karena periode golden age ini hanya berlangsung satu kali seumur hidup, pastikan Anda membangun kedekatan yang lebih intens dengan anak. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan langsung bagaimana si kecil tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cerdas.

Usia golden age ini berada pada rentang usia 0 hingga 5 tahun. Jadi anak berusia 4 tahun juga masih berada pada masa golden age. Itu artinya kesempatan untuk memberikan stimulus yang tepat pada anak masih terbuka untuk Anda. Selain harus memberikan susu pertumbuhan anak 4 tahun, sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana tahap perkembangan anak usia 4 tahun berikut ini.

Perkembangan Fisik Anak 4 Tahun

  • Pada usia ini anak sudah bisa berdiri menggunakan satu kaki selama 2 menit. Ini menunjukkan bahwa si kecil sudah bisa melatih keseimbangan tubuhnya. Meski durasinya hanya sebentar, tapi ini merupakan progress yang bagus bagi perkembangan anak.
  • Anak sudah bisa melompat dengan satu kaki. Dulu saat anak baru bisa berjalan anak sering kehilangan keseimbangan ketika berdiri atau berjalan. Tapi pada usia ini kaki anak semakin kuat sehingga mampu menjaga keseimbangan tubuh. Terlebih Anda juga memberikan susu perkembangan anak 4 tahun, jadi pertumbuhan tulang anak juga bertambah kuat.
  • Anak sudah bisa menggunakan ketrampilan motorik seperti mendorong dan menarik. Seiring pertambahan usianya, anak menjadi lebih berenergi, sehingga ketika anak berusia 4 tahun, anak sudah kuat untuk melakukan aktivitas menarik atau mendorong.
  • Anak dapat menangkap dan melempar bola.

Perkembangan Emosional Anak 4 Tahun

  • Anak sering menceritakan hal-hal yang disukainya

Dulu saat anak masih berusia dini tentu Anda sering mengajak anak bermain dan bercerita. Padahal ketika itu anak belum mampu merespon melalui kata-kata dan cukup menggunakan ekspresi maupun gerak tubuh. Namun pada usia 4 tahun ini anak sudah memasuki fase perkembangan emosional, sehingga pada usia ini anak sudah mampu menyaring apa yang ia suka dan mana yang tidak. Jadi jangan heran jika pada periode ini anak akan lebih sering bercerita dan mengulang-ulang cerita tentang hal yang disukainya.

  • Anak lebih aktif dan mengeksplorasi banyak hal baru

Pada proses perkembangannya, anak akan semakin aktif dan mencoba banyak hal baru yang ada di sekitarnya. Anda pun  harus siap bercapek ria mengikuti anak yang main kesana kemari. Selama apa yang dilakukan anak tidak membahayakan, sebaiknya Anda tidak perlu melarang anak untuk terus aktif.

  • Anak senang bermain dengan teman

Anak-anak sudah mengenal lingkungan sosial sehingga anak mulai bisa bergaul dengan teman-temannya. Bahkan lingkup pertemanan si kecil ini pun tidak terbatas pada teman-teman yang usianya sebaya dengannya. Anak-anak mulai menikmati betapa menyenangkannya memiliki teman dan bisa bermain bersama. Tak jarang anak tidak mau diajak pulang karena terlalu asyik bermain. Jika hal seperti ini terjadi pada si kecil, pastikan Anda memberikan pengertian kepada anak dengan cara yang baik.

Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak 4 Tahun

  • Anak mulai mengerti susunan kalimat dasar

Pada usia 4 tahun anak sudah menguasai setidaknya 1000 kata. Dengan begitu anak mulai bisa bercerita banyak hal dan membentuk susunan kalimat dasar.

  • Bisa menyebutkan nama

Dulu saat anak mulai bisa berbicara, anak hanya mampu mengucapkan beberapa potongan kata-kata. Namun pada usia 4 tahun ini anak sudah bisa menyebutkan namanya secara lengkap.

  • Anak bisa bernyanyi

Anak Anda tak lagi bayi sebab di usianya yang ke 4 tahun ini si kecil sudah bisa bernyanyi atau menyebutkan sajak-sajak yang ia sukai.

Masih banyak hal-hal yang menjadi bagian dari perkembangan bahasa dan koginitif si kecil. Setelah mengetahui tahap-tahap perkembangan anak 4 tahun ini diharapkan Anda bisa memberikan stimulus yang tepat bagi anak. Selain itu Anda juga harus memberikan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan si kecil. Jangan lupa memberikan susu pertumbuhan anak 4 tahun agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

advertisement